Tips Ampuh dan paling mudah agar lolos interview (Masuk Kerja atau masuk suatu Lembaga) - Pass to Interview Tips and Trick
Hay
para penerus bangsa, sebelumnya kami ucapkan selamat bagi anda yang telah
dinyatakan lulus dari Kuliah atau pun lulusan SMK yang mau mendaftar kerja.
Bagi anda yang ingin meneruskan kerja alangkah baiknya anda harus segera
mempelajari cara-cara mendaftar kerja dan mengumpulkan info lowongan kerja
sebanyak-banyaknya, karena jangan sampai anda ketinggalan kesempatan yang
seharusnya bisa anda dapatkan.
Sebelum
anda mempelajari teknik menghadapi interview, anda juga harus menguasai tahapan
seleksi apa saja yang dilakukan oleh pihak perusahaan. Seleksi masuk kerja biasanya terdiri dari
test psikologi, crapling (menjumlah angka dengan cepat dari banyak angka)
sampai dengan medical cek (perusahaan tertentu). Dari semua tahapan seleksi
tersebut anda harus menguasainya, kemudian anda mempelajari cara agar lolos
interview dan maju ke medical cek up untuk bisa masuk dunia perusahaan.
Interview adalah kegiatan wawancara yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau
pun lembaga untuk mengetahui dan mengenali lebih dekat passion dan kepribadian
anda.Tujuan Interview adalah mengetes atau mencoba tingkat keberanian,
kejujuran, kesigapan, ketegasan dan cara anda berkomunikasi dengan rekan kerja.
Biasanya dari perusahaan mengadakan
interview secara tertulis terlebih dahulu untuk mengetes kecocokan anda
dalam berbicara sesuai yang anda tulis.Nah ,sekarang kami akan membahas
bagaimana menghadapi interview masuk kerja atau masuk lembaga agar anda dapat
lolos.
1. Datang
Tepat Waktu
Biasakan prinsip bahwa
anda lah yang harus menunggu, bukan orang lain meskipun dari pihak pewawancara
datang telat. Ketika mereka dating agak molor, tetap tunjukan raut muka senang
atau jangan tunjukan raut muka bahwa anda merasakan kekesalan terhadap
keterlambatan pewawancara.
2. Pakaian
dan penampilan serapi mungkin
Dalam menghadapi
interview perusahaan melihat dan menilai bagaimana anda berpenampilan, karena
di perusahaan anda akan menghadapi klien dan rekan kerja, sehingga anda harus
membuktikan bahwa anda adalah orang yang rapi dan disiplin. Pakaian rapi tidak
harus mahal, tetapi usahakan pakaian anda dalam keadaan halus, wangi serta sesuai dengan ukuran anda.
3. Jangan
memakai pakaian yang berwarna merah atau dasi berwarna merah
Dari penelitian yang
dilakukan, apabila seseorang yang sedang berbicara atau mencari tahu tentang
kepribadian seseorang dan dia melihat warna merah, maka akan timbul perasaan
lebih tegas dan lebih agresif, sehingga nada dalam mereka mewawancarai akan
berbeda, serta penilaiannya pun berbeda pula.
"Hasil dari penelitian
kami menunjukkan ada kecenderungan bagi orang-orang untuk merasa waspada ketika
mereka melihat rekannya memakai warna merah dalam situasi social dan pertemuan penting,
contohnya seperti ketika wawancara kerja," tutur Diana Wiedemann kepala riset
studi dari departemen antropologi Durham University
4. Bersikap
sopan dan Tegas
Apabila interview
dilakukan suatu ruangan tersendiri, anda perlu ketuk pintu terlebih dahulu
sebelum memasuki ruangan dan dilanjutkan mengucapkan permisi atau salam,
kemudian masuk dengan senyuman. Bersikaplah sopan,
kemudian berjabat tangan dengan tegas dan penuh senyuman.
5. Berbicara
secara lancar dan meyakinkan
Dalam interview, semua
orang hanya dilihat perilakunya pada saat itu juga, artinya pewawancara tidak
akan peduli apakah sebelumnya kamu baik atau tidak, tetapi tidak menutup
kemungkinan pewawancara bertanya tentang hal yang pernah kamu lakukan dan
tentang prestasimu, oleh karena itu hal tersebut harus dipikirkan dari awal
masuk pembelajaran di sekolah atau kuliah.
Pada saat menjawab
pertanyaan interview, anda harus menjawabnya dengan tegas, misalkan “Apakah
anda siap ditempatkan di cabang mana saja?” , maka anda harus menjawab dengan
“Ya!! Saya siap,”. Contoh lagi , “Apa Komitment anda ketika anda diterima
sebagai karyawan di perusahaan ini??!” ,Anda bisa menjawabnya dengan “Saya akan
bekerja keras, mengedepankan kerjasama, berprinsip loyalitas, dan mengabdi
sepenuhnya di perusahaan bapak/ibu.” Itu lah contoh pertanyaan dan jawaban,
biasanya juga anda ditanya tentang pengalaman bekerja. Selain itu, jika anda
melamar dibidang administrasi anda akan ditanya ,misalkan “apakah anda bisa
menjalankan computer, mengolah aplikasi Microsoft, dll?” jawab saja dengan
tegas “Ya, saya bisa!!” , Urusan nanti, ketika ternyata anda belum begitu
menguasai, mereka pasti akan mengajarinya. Pada intinya katakanlah tentang
semua kebaikanmu dan jangan ungkapkan keburukan yang relatif sulit diperbaiki,
sebagai contoh apabila anda disuruh untuk mengungkapkan kekurangan diri anda ,
jangan katakan apabila anda orang yang tidak disiplin, karena disiplin adalah
hal yang paling diutamakan dalam perusahaan. Katakan saja bahwa anda kadang
suka pendiam, tetapi berikan juga mengenai penyelesaian dari kekuranganmu,
sebagai contoh “kekurangan saya adalah terkadang menjadi orang pendiam, tetapi
ketika terdapat hal yang penting saya juga terkadang ikut berbicara dan
berpendapat.
6. Jangan
membuat postingan atau status media social yang tidak senonoh
Apabila anda akan melewati tahapan
interview, pewawancara mendata media social dari pelamar yang nantinya akan
dicek sebagai bukti kepribadianmu selama ini, apakah anda tipe orang yang suka
mengeluh akan setiap keadaan, atau anda adalah tipe orang yang suka memberikan
informasi atau kata-kata motivasi.
Komentar
Posting Komentar