Manajemen Waktu cerdas yang efektif untuk Mahasiswa
Berbicara
tentang alokasi waktu untuk beberapa kegiatan atau yang kita kenal dengan
manajemen waktu merupakan kunci maksimalnya suatu kegiatan yang kita lakukan.
Sering kali kita menjumpai waktu dimana terdapat 2 kegiatan yang sama-sama
penting. Biasanya hal tersebut sering dialami oleh seorang akrivis kampus. Untuk
menghadapi hal tersebut biasanya kita menggunakan skala prioritas sederhana,
yaitu yang pertama dengan membandingkan seberapa penting jika melakukan
kegiatan tersebut dan seberapa besar resiko yang terjadi jika kegiatan tersebut
kita tinggalkan. Yang kedua, dengan membandingkan manfaat yang kita peroleh dan
apa kita tinggalkan atau terbuang jika kita memilih antara salah satu diantara
kegiatan tersebut. Yang ketiga, jika 2 kegiatan tersebut berbentuk forum atau
diskusi ,maka kita membandingkan terlebih dahulu seberapa pentingkah posisi kita
di forum tersebut.
Artinya,
jika forum A lebih membutuhkan posisi kita ,maka forum A lah yang akan kita
datangi atau sebaliknya. Yang keempat, biasanya kita membandingkan kesempatan
antara keduanya ,yaitu jika kita meninggalkan suatu kegiatan apakah kegiatan
tersebut ada kesempatan kembali di waktu lain. Jika di waktu lain kegiatan
tersebut tidak ada kesempatan kembali, kita akan mengambil atau melakukan
kegiatan yang hanya dilakukan satu kali pada waktu itu atau bisa dikatakan
kegiatan langka, tetapi hal tersebut tetap kembali memprioritaskan kepada
tingkat kepentingan dan manfaat suatu kegiatan. Yang kelima, kita juga
membandingkan jarak yang kita tempuh untuk sampai pada suatu kegiatan, biasanya
kita cenderung memilih kegiatan yang jaraknya lebih dekat karena lebih
menghemat biaya dan tenaga, tetapi apabila ada kegiatan yang jauh dan kegiatan
itu lebih besar manfaat dan kepentingannya maka kita akan tetap memilih yang
jauh. Lima perbandingan tersebut kita gunakan ketika terdapat 2 kegiatan yang
besar dan penting. Jika kegiatan atau hal kecil maka kita cukup membandingkan manfaat
yang diperoleh antara keduanya. Dan yang terpenting ,lebih baik kita melakukan
satu kegiatan tetapi maksimal dari pada melakukan beberapa kegiatan tetapi
hasil yang didapatkan hanya setengah-setengah atau tidak seimbang. Selanjutnya
kami akan memberikan tips mengenai manajemen waktu yang efektif, diantaranya :
1. Buatlah
daftar skala prioritas kegiatan
Saat
anda memiliki kegiatan yang sama penting, namun hal itu terjadi pada waktu yang
bersamaan, maka anda perlu membuat tingkat prioritas dari masing-masing
kegiatan tersebut. Buatlah sesuai tingkatan Penting dan Mendesak, Penting –
tidak mendesak, Mendesak – tidak Penting, Tidak Mendesak – Tidak Penting, dan
dari hal itu juga harus mempertimbangkan manfaat, dan resiko seperti yang telah
kami paparkan diatas.
2. Buatlah
Time Table (Planning Activity)
Banyaknya
kegiatan yang harus diselesaikan dalam waktu sehari, kadang membuat kita stress
disebabkan kebingungan mengenai kegiatan mana yang harus diselesaikan terlebih
dahulu. Nah, jika anda pusing, maka buatlah jadwal kegiatan harian di sebuah
buku yang selalu anda bawa, kemudian catat semua daftar kegiatan selama sehari
dan ketika sudah dikerjakan, coretlah daftar tersebut. Begitu juga dengan tugas
anda terkait mata kuliah atau tugas kerja, tulislah dalam buku planning
activity anda, dan coretlah ketika sudah diselesaikan. Ulangilah hal tersebut
setiap hari, agar arah aktivitas anda jelas.
Komentar
Posting Komentar