Manajemen Waktu cerdas yang efektif untuk Mahasiswa




Berbicara tentang alokasi waktu untuk beberapa kegiatan atau yang kita kenal dengan manajemen waktu merupakan kunci maksimalnya suatu kegiatan yang kita lakukan. Sering kali kita menjumpai waktu dimana terdapat 2 kegiatan yang sama-sama penting. Biasanya hal tersebut sering dialami oleh seorang akrivis kampus. Untuk menghadapi hal tersebut biasanya kita menggunakan skala prioritas sederhana, yaitu yang pertama dengan membandingkan seberapa penting jika melakukan kegiatan tersebut dan seberapa besar resiko yang terjadi jika kegiatan tersebut kita tinggalkan. Yang kedua, dengan membandingkan manfaat yang kita peroleh dan apa kita tinggalkan atau terbuang jika kita memilih antara salah satu diantara kegiatan tersebut. Yang ketiga, jika 2 kegiatan tersebut berbentuk forum atau diskusi ,maka kita membandingkan terlebih dahulu seberapa pentingkah posisi kita di forum tersebut.
Artinya, jika forum A lebih membutuhkan posisi kita ,maka forum A lah yang akan kita datangi atau sebaliknya. Yang keempat, biasanya kita membandingkan kesempatan antara keduanya ,yaitu jika kita meninggalkan suatu kegiatan apakah kegiatan tersebut ada kesempatan kembali di waktu lain. Jika di waktu lain kegiatan tersebut tidak ada kesempatan kembali, kita akan mengambil atau melakukan kegiatan yang hanya dilakukan satu kali pada waktu itu atau bisa dikatakan kegiatan langka, tetapi hal tersebut tetap kembali memprioritaskan kepada tingkat kepentingan dan manfaat suatu kegiatan. Yang kelima, kita juga membandingkan jarak yang kita tempuh untuk sampai pada suatu kegiatan, biasanya kita cenderung memilih kegiatan yang jaraknya lebih dekat karena lebih menghemat biaya dan tenaga, tetapi apabila ada kegiatan yang jauh dan kegiatan itu lebih besar manfaat dan kepentingannya maka kita akan tetap memilih yang jauh. Lima perbandingan tersebut kita gunakan ketika terdapat 2 kegiatan yang besar dan penting. Jika kegiatan atau hal kecil maka kita cukup membandingkan manfaat yang diperoleh antara keduanya. Dan yang terpenting ,lebih baik kita melakukan satu kegiatan tetapi maksimal dari pada melakukan beberapa kegiatan tetapi hasil yang didapatkan hanya setengah-setengah atau tidak seimbang. Selanjutnya kami akan memberikan tips mengenai manajemen waktu yang efektif, diantaranya :
1.      Buatlah daftar skala prioritas kegiatan
Saat anda memiliki kegiatan yang sama penting, namun hal itu terjadi pada waktu yang bersamaan, maka anda perlu membuat tingkat prioritas dari masing-masing kegiatan tersebut. Buatlah sesuai tingkatan Penting dan Mendesak, Penting – tidak mendesak, Mendesak – tidak Penting, Tidak Mendesak – Tidak Penting, dan dari hal itu juga harus mempertimbangkan manfaat, dan resiko seperti yang telah kami paparkan diatas.

2.      Buatlah Time Table (Planning Activity)
Banyaknya kegiatan yang harus diselesaikan dalam waktu sehari, kadang membuat kita stress disebabkan kebingungan mengenai kegiatan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Nah, jika anda pusing, maka buatlah jadwal kegiatan harian di sebuah buku yang selalu anda bawa, kemudian catat semua daftar kegiatan selama sehari dan ketika sudah dikerjakan, coretlah daftar tersebut. Begitu juga dengan tugas anda terkait mata kuliah atau tugas kerja, tulislah dalam buku planning activity anda, dan coretlah ketika sudah diselesaikan. Ulangilah hal tersebut setiap hari, agar arah aktivitas anda jelas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah-langkah mengisi saldo Piutang dalam aplikasi myob v18

Terbaru | Akuntansi | Perbedaan SAK ETAP dengan PSAK

Contoh Essay tentang Akuntansi Terbaru