Perbandingan Akuntansi keuangan Internasional (I)
Pada materi ini kita akan menekankan pada
sistem akuntansi negara berkembang pilihan dengan menggunakan klasifikasi
budaya daam mengidentifikasi sebagaimana bab terdahulu sebagai dasar
pembahasan. Kita meninjau system akuntansi dari India dan Malaysia sebagai
perwakilan dari area kebudayaan anglo-american; Brazil, Argentina dan Meksiko
sebagai wakil dari Negara latin; Cina, Indonesia dan Thailand sebagai wakil
dari negara Asia; Polandi, Rusia dan Republik Ceko sebagai wakil dari Negara
Eropa Timur.
Sebelum membandingkan Negara-negara tersebut
adalah penting untuk mengetahui situasi ekonomi rata-rata dari setiap Negara
secara keseluruhan.. yaa
AKUNTANSI ANGLO - AMERIKA
Akuntansi anglo-amerika bisa ditemukan pada
Negara-negara dimana Inggris telah memiliki pengaruh kolonial yang kuat,
seperti Australia , Kanada, Hongkong, India, Irlandia, Kenya, Malaysia, New
Zealand, Nigeria, Singapura, dan Afrika selatan. Negara-negara tersebut
cenderung lebih mementingkan kebutuhan investor dan secara relative kurang konservatif
dan lebih transparan dari negara-negara Latin dan Jerman. ya
India
Pada tahun 50-an, lebih dari 50% penduduk
India berada dalam kemelaratan. Walau bagaimanapun India telah meningkatakan
taraf ekonomi secara signifikan dalam dekade terakhir ini. Tidak hanya tingkat
kemiskinan yang telah berkurang, tetapi pertumbuhan ekonomi telah meningkat dan
berbagai macam indikator sosial telah meningkat seperti Harapan hidup dan melek
huruf.
Karena yang diterapkan di India berasal dari
inggris, standar akuntansinya memusatkan pada kebutuhan informasi daripara
investor. Pada tahun 1949, ICAI (Institute of Chartered Accountants in
India) dibentuk sebagai organisasi nasional dari akuntan yang telah
terdaftar di India. Kemudian ASB (Accounting Standard Board) didirikan
untuk merumuskan standard akuntansi untuk membantu dewan ICAI dalam menciptakan
dan merubah standar akuntansi di India. ICAI adalah anggota penuh dari IFAC (International
Federation of Accountants) dan diharapkan untuk memajukan IFRS
(International Financial Reporting Standards) dalam mencapai harmonisasi
internasional. Seperti contohnya, ASB memberikan pertimbangan terhadap IAS (International
Accounting Standards) dan IFRS yang diterbitkan oleh IASB (international
Accounting Standard Board) dan mencoba untuk mengimplementasikannya dalam
standar mereka sampai batas yang memungkinkan, mengingat keadaan di sekitar
India. yaa
MALAYSIA
Meskipun Malaysia
telah berjuang dalam sejarah, negara ini telah mengalami pertumbuhan yang
sangat cepat dalam 30 terakhir ini. Lebih jauh lagi, tingkat kemakmuran
malaysia telah meningkat secara pesat. Prospek beberapa tahun ke depan pun amat
menjanjikan dengan antisipasi pertumbuhan dalam GDP, Konsumsi pribadi dan
investasi pribadi.
Seperti Indonesia,
sistem resmi Malaysia berasal dari Inggris. Seperti yang sudah diperkirakan,
sistem akuntansi ini juga membidik untuk bertemu dengan informasi yang
diperlukan oleh investor. The Malaysian Institute of Accounting (MIA)
telah didirikan dibawah pengawasan regular perkumpulan profesi akuntan di
Malaysia. Tapi, Malaysia merestrukturisasi sistem akuntansinya pada tahun 1997
dengan Financial Reporting Act, yang dibuat oleh Fiancial Reporting
Foundation (FRF)/ Badan pelaporan keuangan dan Malaysian Accounting
Standart Board (MASB). FRF mengawasi pekerjaan MASB tetapi tidak terlibat
dalam proses standarnya. MASB adalah badan independen yang di ciptakan untuk
mengembangkan dan mengajukan standar akuntansi di Malaysia. Kerangka kerja baru
ini dibuat dengan proses standar yang representatif dengan pengguna, pembuat
kebijakan, dan akuntan.
AKUNTANSI DI NEGARA LATIN
Citra rasa dari akuntansi latin dapat
ditemukan di berbagai negara berkembang khususnya Brasil, Chili, Kolombia,
Meksiko, Peru dan Uruguay. Akuntansi latin lebih bersifat konservatif dan
rahasia dibandingkan denagan negara Anglo-Amerika.
BRASIL
Seperti di Prancis dan Itali, tradisi
akuntansi di Brasil memberikan pilihan informasi yang di butuhkan oleh petugas
pajak dan kreditor. Meskipun kepentingan investor dari dalam dan luar negeri
yang sudah masuk ke dalam pasar saham meningkat. Masih ada signifikan kecil
yang sama jauhnya dengan sikap ke akuntansi dan penyingkapan yang
diperhitungkan.
Seperti di negara
latin lainnya, pengaruh dari pemerintahan, peraturan perusahaan dan kebijakan
pajak dalam akuntansi adalah hal dasar yang amat penting. Di Brasil warisan
kebudayaan Portugis adalah faktor yang sangat mempengaruhi. Meskipun peraturan
perdagangan dasar telah ditetapkan pada tahun 1850, hukum perusahaan pada tahun
1976 berisi tentang persyaratan dasar perintah persiapan pelaporan keuangan dan
pengungkapan untuk perusahaan publik. Sebagai tambahan Commissao de Valores
Mobiliarios (CVM), SEC,, mengeluarkan standar akuntansi untuk perusahaan
yang terdaftar dalam pasar modal. Pasar modal Brasil meskipun kecil
dibandingkan dengan Inggris dan Amerika. Adalah salah satu pasar utma di
Amerika Latin dan pertumbuhannya amat penting.
Profesi akuntan di
Brasil tidak begitu berkembang seperti di negara Anglo-Saxon, tetapi institute
untuk akuntan Brasil (IBRACON) dan Dewan Akuntansi Federal telah mengeluarkan
standar akuntansi yang diterima secara umum sebagai prinsip akuntansi yang
bertujuan untuk mengembangkan akuntansi di negara ini.
Argentina
Pada sejarahnya, akuntansi
Argentina berfokus pada pemenuhan kebutuhan kreditor dan pemungut pajak.
Kebijakan keuangan di Argentina mewaibkan pelaporan keuangan tahunan dan
perusahaan publik juga harus mengeluarkan pernyataan setiap kuartal (4 bulan).
Argentina memiliki
sistem akuntansi yang unik di Amerika Latin. Standar akuntansi mereka
ditetapkan oleh FACPCE, tapi struktur FACPCE berbeda dengan negara Latin
lainnya. FACPCE terdiri dari 24 dewan terpisah yang datang bersama untuk
membuat resolusi teknikal (TR), yang mana berkaitan dengan norma akuntansi pada
subjek tertentu. Setiap anggota dewan mewakili yuridikasi yang berbeda di
Argentina.. setelah TR terbentuk oleh FCAPCE, maka anggota dewan memutuskan
untk menyetuui TR tersebut atau mengamandemennya untuk bagian tertentu. Sebagai
hasilnya adalah harmonisasi di seluruh negeri bisa tercapai jika semua standar
bisa diadopsi tanpa adanya perubahan apapun.
Argentina juga
menunjukan kebingungan antara siapa yang bisa mengajukan hukum daripada standar
akuntansi. Dengan memperhitungkan bahwa tingkat inflasi di argentina beberapa
tahun yang lalu tinggi, konsep dari level harga umum (GPL/General Price
Level) juga telah dipertimbangkan untuk di formulasikan ke dalam standar
akuntansi. Lebih spesifik lagi akuntansi GPL memperbolehkan Argentina untuk
mengatur jumlah kas pada laporan keuangan mereka untuk mencerminkan kemampuan
membeli mereka. Tapi pemerintah Argentina memutuskan untuk mengeluarkan
keputusan ke institusi regulasi Argentina seperti CNV dan Bank Sentral untuk
tidak menerima GPL.
Meksiko
Seperti Brasil, Meksiko memberikan informasi
yang dibutuhkan oleh kreditor dan pemungut pajak. Sistem resmi Meksiko yang
berasal dari Prancis adalah faktor yang lebih disukai.
Sejak pembentukan
persetujuan perdagangan bebas Amerika Utara (NAFTA/North America Free Trade
Agreement). Pertumbuhan ekonomi Meksiko telah meningkat. Tetapi dengan negara
internasional lainnya menjadi lebih menonjol pada arena global, ini penting
bagi Meksiko untuk mengakses pendanaan. Meksiko memerlukan keterbukaan dalam
kerjasamanya sebagai tujuan untuk mencapai perkembangan ekonomi yang
berkesinambungan.
Secara sejarah,
akuntansi Meksiko telah di pengaruhi prinsip akuntansi berlaku umum AS dan
standar auditing AS. Pengaruh kuat ini dibutuhkan oleh Meksiko untuk investasi
asing yang datang dari AS. Lebih jauh lagi banyak perusahaan Meksiko yang
mendaftarkan dirinya ke dalam pasar saham terbesar di dunia. Kecenderungan
mereka untuk melihat ke standar akuntansi AS telah meningkat setelah dibuatnya
NAFTA, tetapi Meksiko secara berkala melihat IFRS ketika standar AS tidak bisa
memenuhi keinginan mereka.
Konstitusi Meksiko
menetapkan asosiasi profesional untuk menetapkan bagian tanggung jawab
aktivitas mereka. Asosiasi akuntan melalui negara mendelegasikan kapasitas yang
berkaitan dengan aturan ke IMCP, yang juga merupakan institusi yang mengawasi
profesi akuntansi di Meksiko. IMCP mengeluarkan standar akuntansi dan audit,
begitu juga kode etik untuk akuntan mirip seperti AICPA di amerika. IMCP
menetapkan persyaratan pendidikan berkelanjutan, melakukan investigasi dan
mengatur praktek profesional. Pada tahun 2001 IMCP membentuk CINIF. Institusi
ini bertanggung jawab untuk membuat standar akuntansi sejalan dengan IFRS. Pada
tahun 2004 standar yang dikeluarkan oleh IMCP diteruskan ke CINIF. Pada awal
2005, GAAP Meksiko sudah 70% sejalan dengan standar internasional.
AKUNTANSI DI ASIA
Banyak negara berkembang mempunyai sejarah
penjajahan seperti Indonesia (Belanda); India, Pakistan, Hong Kong, Singapura
dan Malaysia (Inggris); dan philipina (Spanyol/AS). Cina juga telah di
pengaruhi oleh ide barat dan sosialis dari bekas Uni Soviet. Pada tahun 1997,
banyak negara berkembang di Asia mengalami kemunduran kepercayaan diri didalam
pasar keuangan, yang berujung pada krisis finansial. Salah satu jalan keluar
dari hal ini adalah meningkatkan kualitas dan transparansi akuntansi dengan
cara mengadopsi kualitas dan transparansi akuntansi, dengan cara mengadopsi
kualitas yang lebih tinggi dari standar akuntansi.
Cina
Perubahan besar tekanan di bawah Cina terjadi
dari fokus utama pada informasi yang dibutuhkan oleh pemerintah, yang
melibatkan perencanaan dan perpajakan nasional. Menuju ke sudut pandang yang
lebih luas termasuk oleh investor, kreditor dan manajemen perusahaan. Sebuah
keputusan yang berorientasi mikro yang menahan ukuran kontrol makro
ekonomi-keseimbangan yang diberikan ke tradisis Cina oleh keseragaman dan
peraturan yang detail.
RRC adalah negara yang
menganut paham komunis, oleh karena itu pemerintah, melalui hukum yang
ditetapkan oleh Kongres Rakyat Nasional, adalah pengaruh utama dari akuntansi
dan auditing. Meskipun sejarah akuntansi di Cina bisa dilacak 2000 tahun yang
lalu, pada awal tahun 1900 sistem pembukuan ganda dikenalkan,. Kemudian pada
tahun 1940, sistem akuntansi berorientasi barat dilaksanaka pada perusahaan
besar dan pelajaran akuntansi di tingkat universitas pun meningkat dipengaruhi
oleh UK dan AS. Tetapi RRC pada tahun 1949 berubah drastis dengan pengenalan
sistem akutansi Uni Soviet dan tekanan atas keseragaman dan kontrol terpusat
untuk tujuan rencana nasional. Sejak 1978, pendekatan ini telah dimodifikasi
mengikuti kebijakan "pintu terbuka" ke dunia luar dan program
ambisius Cina untuk meodernisasi. Dengan mreformasi ekonomi yang menuju ke arah
orientasi ekonomi telah mendatangkan beberapa reformasi akuntansi. Hukum
akuntansi RRC diadopsi pada tahun 1985 dan direvisi pada 1993 dan lagi 1999,
ditetapkan prinsip umum yang peduli tentang pean dan lingkungan akuntansi, dan
didukung oleh MOF untuk mengeluarkan standar akuntansi.
Pada tahun 1992, dasar
akuntansi untuk perusahaan bisnis dan kerangka kerja konseptual unuk RRC di
keluarkan, pada awal tahun 1993 standar akuntansi dikembangkan ke dalam
berbagai topik dengan standar akhir yang dikeluarkan. Pada tahun 1998,
peraturan yang diaplikasikan untuk bergabung ke perusahaan diganti dengan
keluarnya sistem akuntansi untuk bergabung dengan PT. mengikuti revisi
peraturan akuntansi pada tahun 1999, Dewan RRC juga mengeluarkan FARR untuk
perusahaan. Yang mana memperbaharui definisi dari aset, liabilitas, ekuitas
pemilik, pendapatan dan beban yang sebelumnya sama dengan standar dasar. FARR
juga mengelompokan komponen pertanyaan keuangan/laporan keuangan termasuk
laporan arus kas, neraca saldo dan laporan laba rugi.
Standar akuntansi yang baru, dibangun sebagai
standar dasar dan rangkaian dari standar spesifik, yang menggambarkan perubahan
besar dengan pendekatan dalam akuntansi Cina dalam hal semua perusahaan
sekarang perlu patuh dengan gabungan dari prinsip akuntansi. Tetapi isi yang
paling penting dalam konteks standar akuntansi yang bau. Ini mengambarkan
sebuah area baru dalam akuntansi Cina. Satu berdasarkan dari pendekatan pasar
yang berorientasi barat lebih dari gaya lama Uni Soviet. Akuntansi keuangan
berdasakan pada kesamaan sember dana dan pengaplikasian dana, telah
diperbaharui dan diganti dengan penjumlahan akuntansi, dimana aset-aset equal
liabiltas ditambah modal/ekuitas pemilik. Dalam pembuatan perubahan ini, kepentingan
grup pengguna yang lebih luas melebihi pemerintah. Telah dikenali, di beri
nama, investor, kreditor dan manajemen perusahaan. Informasi akuntansi sekarang
harus bertemu dengan lebih dari persyaratan untuk kontrol makro ekonomi
nasionaql. Jadi posisi keuangan perusahaan dan hasil operasi bisa dimengerti
dan praktik finansial &administrasi yang telah dikuatkan, informasi
akuntansi juga harus bertemu dengan kepentingan/kebutuhan pengguna eksternal
dan manajemen.
Meskipun pemerintah
melalui MOF dan agensi akuntansi resmi, DAAA telah menetapkan reformasi
akuntansi, ini sangat adil untuk dikatakan bahwa organisasi akuntansi ,yang
notabene adalah Asosiasi Akuntansi Cina, sebuah badan yang mengkhususkan dalam
penelitian dalam pendidikan, teori dan praktik akuntansi, telah memainkan
peranan penting. Asosiasi ini didirikan pada tahun 1980, membentuk grup
penelitian dalam teori dan standar akuntansi dengan kebanyakan anggotannya yang
memiliki pendidikan setara dengan profesor.
Indonesia
Berdasarkan seajarah, sistem akuntansi
Indonesia didasari oleh sistem akuntansi Belanda sebagai hasil dari pengaruh
Belanda di negeri ini. Tetapi, ikatan antara kedua negara rusak pada
pertengahan tahun 1900. Indonesia berubah mengikuti praktik akuntansi AS. IAI
didirikan pada tahun 1959 untuk membimbing akuntan Indonesia. Pada tahun 1970
IAI membuat kode dan diadopsi oleh prinsip dan dasar akuntansi berdasarkan GAAP
Aspada waktu itu. Sistem akuntansi Indonesia berfokus kepada informasi yang
dibutuhkan oleh investor diatas permintaan pemerintah. Pada tahun 1974, IAI
membuat komite standar akuntansi keuangan untuk membuat standar keuangan.
Indonesia telah
membuat perkembangan ekonomi yang bagus pada dekade yang lalu. Tetapi krisis
fiansial asia membuat negara ini menuju ke arah kemiskinan. Sejak krisis,
Indonesia telah melakukan beberapa perubahan sosial dan politik. Yang
menghasilkan perubahan substansial dan merubah drajat kemakmuran sperti sebelum
krisis.
Pada tahun 1994,
komite standar akuntansi keangan direkonstruksi sebagai aturan standar
akuntansi yang lebih independen atas IAI, sekarang DSAK bekerja untuk
mengharmonisasi standar akuntansi indonesia dengan IFRS.
Thailand
Thailand adalah salah satu negara di Aasia
Tenggara yang berhasil menghindari penjajahan. Tetapi sistem akuntansi di
negara ini menghargai transparansi dan kebutuhan informasi investor, mirip
dengan negara Anglo-Amerika. Setelah krisis keuangan tahun 1997. Thailand
menerapkan reformasi untuk meningkatkan kerjasama pemerintah dan meningkatkan investasi
untuk kompetisi. Perekonomian Thailand pulih dengan cepat dan mengalami
pertumbuhan yang bagus. Tingkat kemiskinan juga menurun sebagai akibat dari
penguatan ekonomi.
Standar akun
dikeluarkan oleh ICAAT, yang didirikan pada tahun 1948. tetapi, standar
akuntansi Thailand harus disetujui oleh menteri keuangan dan ditempatkan secara
hukum sebelum perusahaan menggunakan mereka. Sekarang ICAAT telah mengadopsi 21
dari seluruh standar IAS.
Komisi bursa saham Thailand mensyaratkan bahwa
semua perusahaan yang mendaftarkan diri pada SET (bursa saham Thailand) harus
diaudit oleh auditor eksternal dan independen. Lebih auh lagi perusahaan yang
ingin mendaftarkan diri dalam bursa harus memenuhi beberapa persyaratan yang
dibutuhkan oleh investor. Sebagai tambahan , ini sudah diputuskan bahwa
pengawasan perusahaan yang sudah masuk ke dalam bursa saham yang dulunya
dilakukan oleh menteri keuangan sekarang di pindahkan ke Thailand SEC yang mana
akan menghasilkan peraturan organisasi dan penekanan hukum ke perusahaan yang
sudah terdaftar dalam bursa saham.
Komentar
Posting Komentar