Teknik Super Mencari Sponshorship
Dalam menjalankan suatu kegiatan pasti membutuhkan bantuan dari sebuah lembaga, baik dari segi pendanaan, segi kegiatan, bantuan barang, bantuan tenaga kerja dan lain-lain. Sponsorship adalah suatu kegiatan mengadakan kerjasama dengan suatu organisasi lain dalam rangka meningkatkan tingkat kesuksesan suatu kegiatan dengan adanya kerjasama tersebut. Tujuan Sponshorship adalah meningkatkan kualitas kegiatan dari segi pendanaan, property dan rangkaian kegiatannya. Dalam teknik sponshorship sering dikatakan sebagai hubungan timbal balik, karena harus saling menguntungkan. Adapun teknik pelaksanaan sponshorship sebagai berikut :
A. Partner/
Chanel sponsorship
Ketika anda ingin
melakukan suatu kerja sama anda harus mempunyai channel partner, yaitu anda
akan bekerjasama dengan siapa saja. Caranya adalah anda mempunyai kenalan orang
yang bekerja atau mempunyai hubungan tanggung jawab dengan suatu lembaga,
sebanyak-banyaknya dan kantongi contact personnya. Hal itu ditujukan agar saat
anda membutuhkan suatu kerjasama, anda tidak repot lagi bertanya-tanya tentang
orang yang bisa anda ajak kerja sama. Anda juga harus mempunyai hubungan yang
baik dengan suatu lembaga atau perusahaan, artinya anda tidak hanya akrab
ketika anda membutuhkan kerja sama saja, tetapi sebelum dan sesudah juga harus
sama.
B. Planning
a. Media
Partner : Media apa yang akan anda gunakan untuk promosi suatu kegiatan,
misalkan media social, Koran, radio, pamflet/brosur dan sebagainya. Hal itu
ditujukan untuk memasarkan dan memberikan informasi, biasanya mengenai apa
kegiatan anda, waktu pelaksanaan, dimana, dengan siapa, tema, dan hal menarik
di project tersebut. Buatlah pamflet soft copy untuk anda posting di media social,
karena itu sangat penting untuk memberitahu orang mengenai akan segera
diadakannya suatu proyek, biasanya diisi dengan kata “Coming Soon”, agar orang
mempunyai persiapan, atau setidaknya orang mengetahui jika anda akan
melaksanakan suatu project, buatlah pamflet sebagus mungkin.
b. Mulai
merancang kegiatan/ project
1. Persiapan
kegiatan harus dalam jangka waktu yang panjang, minimal 2 bulan persiapan (Jika
kegiatan berskala nasional atau besar, minimal 3-4 bulan)
2. Buatlah
proposal yang harus mengandung 5W + 1H, buatlah design proposal sebagus
mungkin, karena proposal yang diajukan ke suatu lembaga, tidak seperti diajukan
ke kepala sekolah. Biasanya suatu perusahaan menerima proposa itu tidak hanya
dari project anda, tetapi hingga menumpuk dan dari perusahaan enggan memilah
dari segi isinya satu per satu. Nah dari situlah anda membuat design, jika design
proposal anda paling bagus, maka perusahaan akan semakin percaya dan tertarik
untuk membaca isinya.
3. Judul
dan isi proposal harus mempunyai kualitas makna /isi yang lengkap dan design
yang bagus pula.
4. Dalam
proposal cantumkan, skala kegiatan (Misalkan skala nasional), Target jumlah
peserta (Target peserta usahakan besar, tetapi bisa anda jangkau). Dalam hal
ini, jika anda ingin sponsor yang besar, buatlah skala kegiatan sebesar mungkin,
tetapi jika anda ragu untuk mencari sponsorship, lebih baik membuat acara yang
kecil saja, dan tidak usah menggunakan sponshorship.
5. Tujukanlah
proposal untuk perusahaan yang sesuai dengan project anda (misalkan seminar;
sponsor PT. Telkom Indonesia)
6. Lihatlah
brand perusahaan yang akan anda ajak kerjasama, artinya jika brand perusahaan
sudah brand nasional atau membumi di masyarakat (seperti garuda Indonesia, maka
adakan kegiatan yang berskala internasional; jika perusahaan brand kecamatan,
adakan kegiatan yang berskala kabupaten)
7. Cantumkan
Jenis sponsorship, (Sponsor tunggal dan kriterianya dan lainnya)
8. Tujuan
anda mengadakan kerja sama atau sponsor harus bisa menguntungkan antara kedua
pihak, artinya perusahaan juga harus memperoleh timbale balik, seperti ikut
memasarkan produk dalam kegiatan anda. Jangan sampai anda hanya berpikir untuk
mencari dana saja.
9. Cantumkan
Anggaran dan rangkaian kegiatan semenarik mungkin.
C. Action
a. Lobi
ke sponshorship
1. Bawalah
proposal dan Surat pengantar dari pihak
yang mengizinkan project anda (misalkan kepala desa), dalam kotak atau map yang
menarik.
2. Ketika
dalam proses Lobi, delegasikan dari tim anda orang yang good public speaking,
easygoing, enak dipandang dan yang terpenting adalah orang yang sudah akrab
dengan lembaga atau perusahaan tersebut.
3. Delegasikan
2 orang, yaitu laki-laki dan perempuan, bertujuan untuk menyesuaikan customer
service atau bidang kerjasama perusahaan, jika CS nya laki-laki, maka yang maju
pertama adalah perempuan dan sebaliknya. Hal ini ditujukan untuk mempengaruhi
sugesti dari pihak perusahaan.
4. Presentasikan
project anda semenarik mungkin,
5. Biasakan
dengan menyanjung perusahaan terlebih dahulu, kemudian jelaskan dengan percaya
diri (bahwa project akan berhasil), Jelaskan Seputar kegiatan secara rinci
tetapi umum, hal-hal apa yang membutuhkan kerja sama dengan perusahaan
tersebut.
6. Jelaskan
feedback yang akan perusahaan dapatkan dengan meyakinkan.
7. Jangan
menyebut pihak sponsor lain, jika itu merupakan musuh pasarnya.
8. Berikanlah
contact person yang benar-benar faham mengenai project anda. Apabila perusahaan
berbentuk jenis komunikasi misalkan telkom, maka berikan contact person
telkomsel.
b. Kegiatan
1. Buatlah
konsep kegiatan semenarik dan semeriah mungkin.
2. Buatlah
design panggung semenarik mungkin, berikanlah kesempatan kepada perusahaan,
seperti waktu untuk memasarkan produk, stand atau lainnya.
3. Undanglah
Guest Star yang sudah terkenal, mengenai pembicara atau yang mengisi seni
D. Pasca
atau Responsible
a. Berikanlah
Laporan kegiatan yang telah dijalankan
b. Berikanlah
reward atas kerja sama
c. Berikanlah
Ucapan terimakasih
d. Tetap
jalin hubungan baik dengan kerjasama, seperti tidak lepas komunikasi dengan
pihak perusahaan (kegunaan orang yang akrab), agar anda lebih mudah ketika terdapat
project kembali.
Komentar
Posting Komentar